Profil Program Studi Teknik Industri UNJAYA

Teknik Industri UNJAYA merupakan salah satu Program Studi (Prodi) tingkat Strata-1 atau Sarjana di bidang Teknik Industri. Prodi Teknik Industri UNJAYA berada di bawah Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Prodi Teknik Industri memiliki profil berupa menghasilkan seorang Insyinur/ Perekayasa Keteknik Industrian (Industrial Engineer) dengan basis sudut pandang sustainability. Sustainability merupakan salah satu hal yang saat ini sangat ditekankan diseluruh dunia, termasuk pemerintah Republik Indonesia juga menekankan pentingnya melihat “keberlanjutan” atau Sustainability diberbagai bidang, salah satunya adalah dibidang Industri baik barang maupun Jasa. Teknik Industri sendiri merupakan salah satu bidang kajian yang membahas mengenai bagaimana mengoptimasi suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari berbagai entitas seperti manusia, informasi, fasilitas dan sebagainya dengan menggunakan keilmuan matematika, fisika ataupun ilmu sosial dengan menggunakan prinsip prinsip keteknikan/ engineering. Sehingga scope pembelajaran yang luas serta potensi bidang kerja yang sangat luas.

 

Sebagai salah satu Prodi Teknik Industri, maka Prodi Teknik Industri UNJAYA memberikan fasilitas pembelajaran baik berupa Tenaga Pengajar, Tenaga Kependidikan yang disediakan fakultas serta fasilitas Pembelajaran yang terstandarisasi, bahkan terus berkembang dan ditingkatkan. Dosen pengajar Teknik Industri UNJAYA berasal dati institutsi pendidikan terkemuka dengan berbagai keahlian, pengalaman dan kemampuan untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

 

Fasilitas Laboratorium

Adapun Fasilitas yang dimiliki Teknik Industri lengkap dan terstandar, diantaranya ruang kelas lengkap dengan alat tulis, AC dan wi-fi, 7 Laboratorium, terdiri atas Laboratorium Komputer (Komputasi dan CAD), Laboratorium Subtractive Manufacturing, Laboratorium Additive Manufacturing, Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Kerja, Laboratorium Sistem Produksi, serta Laboratorium Fisika dan Elektronika. Peralatan yang digunakan merupakan peralatan dengan spesifikasi terstandar Industri, sehingga tidak hanya sebagai simulasi, namun benar benar peralatan yang dimiliki dapat digunakan di dunia industri.

1. Laboratorium Subtractive Manufacturing

2. Laboratorium Additive Manufacturing

3. Laboratorium Sistem Produksi

4. Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Kerja

5. Laboratorium Fisika dan Elektronika

6. Laboratorium Perancangan dan Pengembangan Produk

7. Laboratorium Komputer

8. Laboratorium Pengecoran Logam (sedang pengembangan)

Organisasi Mahasiswa Teknik Industri UNJAYA

Untuk kegiatan diluar kegiatan akademik, mahasiswa diberi wadah himpunan mahasiswa yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dan Lingkar Studi Teknik Industri (LSTI). HMTI merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan diri dalam bidang kemahasiswaan sedangkan LSTI sebagai wadah dan sarana “ekstra” mahasiswa untuk mendalami materi perkuliahan. Mahasiswa juga diberi akses secara maksimal terhadap fasilitas-fasilitas yang dimiliki Program Studi Teknik Industri UNJAYA, sehingga diharapkan mahasiswa dapat lebih mendalami dan memahami keilmuan Teknik Industri.