Apa Itu Ergonomi?

Ergonomi merupakan studi yang dilaksanakan secara ilmiah tentang interaksi antara manusia dan entitas dari suatu sistem, seperti mesin, peralatan, lingkungan kerja, dan sebagainya. Tujuan utama ergonomi adalah memahami karakteristik fisik, psikologis, dan perilaku manusia untuk mendesain sistem dan lingkungan yang mendukung kesejahteraan, efisiensi, dan keselamatan mereka.

Aspek-Aspek

Aspek-aspek yang diperhatikan dalam ergonomi mencakup postur tubuh, gerakan, desain peralatan, tata letak tempat kerja, pencahayaan, suara, dan aspek lain dari lingkungan kerja. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomi, desain produk, serta perancangan tata letak fasilitas kerja dapat diubah untuk mengurangi stres, kelelahan, serta risiko cedera atau gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungannya.

Penerapan?

Penerapan ergonomi membantu meningkatkan kenyamanan, efisiensi, dan produktivitas, serta mengurangi risiko kecelakaan atau cedera muskuloskeletal yang dapat disebabkan oleh beban kerja yang berlebihan atau postur tubuh yang tidak tepat. Ergonomi memiliki penerapan luas, mencakup berbagai sektor seperti industri, desain produk, kesehatan, transportasi, dan lingkungan kerja pada umumnya. 

Pada Program Studi Teknik Industri mempelajari mengenai Ergonomi sebagai salah satu bagian dari Body of Knowledge yang wajib dipahami dan dikuasi oleh seorang Insinyur Teknik Industri