Teknik Industri dan IT

Teknik Industri menjadi salah satu rumpun Teknik atau Rekayasa, sebagai salah satu rumpun rekayasa, penggunaan ataupun pembelajaran mengenai berbagai bidang menjadi hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya terkait dengan Teknologi Informasi atau IT (Information Technology). Sesuai dengan definisi Teknik Industri yang dituang pada definisi teknik industri IISE, dijelaskan bahwa informasi menjadi salah satu aspek yang dikelola oleh Insinyur Teknik Industri.

Peralatan pabrik berputar di bengkel foto stok

Pada implementasinya, perkuliahan terkait dengan IT dilaksanakan pada awal ataupun pertengahan perkuliahan. Ditambah lagi dengan masuknya dunia di Revolusi Industri 4.0, maka menjadi hal yang sangat penting bagi insinyur Teknik Industri untuk mempelajari bidang Teknologi Informasi atau IT. Terdapat berbagai mata kuliah yang dapat dipelajari oleh Mahasiswa Teknik Industri, baik sebagai mata kuliah ataupun materi yang dipelajari di luar perkuliahan.

Pria dewasa bekerja di komputer di ruang kontrol gudang otomatis foto stok

Alumni Teknik Industri dapat bekerja di berbagai bidang, yang notabene dalam teknik industri berkonsentrasi pada sistem. Pada contohnya misal pada bidang industri manufaktur, pada industri manufaktur diimplementasikan berbagai teknologi yang melibatkan informasi sebagai entitas penting untuk pengelolaan atau manajemen lantai produksi. Selain bekerja di industri manufaktur, alumni teknik industri juga dapat bekerja di bidang jasa, pada industri jasa tentunya informasi menjadi hal penting untuk dikelola dalam proses bisnis di bidang jasa, sehingga hal tersebut menjadikan suatu hal yang urgen bagi mahasiswa teknik industri untuk mempelajari bidang IT.  

Definisi Teknik Industri

Industrial and systems engineering is concerned with the design, improvement and installation of integrated systems of people, materials, information, equipment and energy. It draws upon specialized knowledge and skill in the mathematical, physical, and social sciences together with the principles and methods of engineering analysis and design, to specify, predict, and evaluate the results to be obtained from such systems (IISE)

Smart industry robot arms for digital factory production technology

Teknik Industri UNJAYA dan IT

Pada Program Studi Teknik Industri UNJAYA, terdapat beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan IT diantaranya seperti Pemrograman Komputer, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Praktikum Pemrograman Komputer, Mekatronika, Data Mining, Praktikum Analisis Perancangan Sistem Informasi, Kewirausahaan Teknologi, Simulasi Komputer, Enterprise Resource Planning (ERP) serta Sistem Pendukung Keputusan. Sehingga alumni Teknik Industri UNJAYA juga memiliki kemampuan dibidang IT untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.