Pendekatan System Thinking atau berpikir secara sistemik menjadi hal yang urgen alias penting, hal tersebut dikarenakan menjadikan kita dapat memahami serta menyelesaikan permasalahan yang memiliki kompleksitas yang tinggi. Tentu hal tersebut ada beberapa alasan yang mendasarinya, yaitu

  1. Memahami Keterkaitan dan Interaksi dari Berbagai Elemen, Sistem Thinking membantu kita untuk melihat bagaimana antar elemen saling terkait dan berinteraksi. Hal tersebut dapat memberikan pemahaman mengenai dampak yang menjadikan perubahan pada sistem.
  2. Penyelesaian Kompleksitas, Permasalahan kadang terdiri dari berbagai aspek yang menyebabkan permasalah tersebut menjadi kompels. System Thinking dapat membantu dengan cara memberikan pola pikir sistematis dengan mengurai permasalah tersebut ke dalam sub sub sistem, sehingga dapat dipahami dan terselesaikan.
  3. Mencegah Solusi Sementara” Pemahaman mengenai sistem menjadikan kita memahami permasalahan secara komprehensif, sehingga dapat dihindatkan dari solusi yang memiliki sifat sementara dan berfokus pada akar penyebab permasalahan. System Thinking membantu melihat gambaran besar dan menentukan strategi yang lebih berkelanjutan.
  4. Mengurangi Efek Samping yang Tidak Diinginkan: Dengan memperhitungkan dampak suatu keputusan atau tindakan pada seluruh sistem, System Thinking membantu mengurangi kemungkinan munculnya efek samping yang tidak diinginkan atau konsekuensi yang tidak terduga.
  5. Pendekatan berpikir sistemik membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih akurat. Dengan melihat sistem secara holistik, dapat membuat keputusan yang kita ambil menghasilkan hasil yang lebih baik.
  6. Mendorong Kolaborasi: Berpikir secara sistemik melibatkan pemahaman terhadap sistem, hal tersebut mendorong kolaborasi antara entitas untuk secara bersama menyelesaikan permasalahan